Kaka : Saya Gagal Di Madrid Karena Mourinho

Salah satu legenda timnas Brasil, Ricardo Izecson dos Santos Leite atau yang lebih dikenal dengan Ricardo Kaka, mengklaim Jose Mourinho bertanggung jawab atas karirnya yang melempem selama berada di Real Madrid.

Ricardo Kaka dibeli Real Madrid dari AC Milan pada tahun 2009 silam. Kaka datang ke Santiago Bernabeu setelah dibeli seharga 68 juta euro. Selama berseragam putih-putih, ia mengoleksi dua gelar juara saja. Yang pertama gelar Copa del Rey 2010-11 dan La Liga musim 2011-12.

Melempem di Real Madrid, Kaka kemudian kembali ke AC Milan pada tahun 2013. Selama memperkuat Los Galacticos, Kaka tampil sebanyak 120 kali, dengan berhasil mengemas 29 gol dan menyumbangkan 39 assist.

Permasalahan Cedera
Setelah dibeli oleh Real Madrid, Kaka justru sering absen karena cedera. Bahkan sejak Agustus 2010, pemain yang sedang menjalani masa peminjaman di klub Brasil, Sao Paulo inisempat harus menepi selama sekitar delapan bulan.

Pasalnya Ricardo Kaka harus menjalani operasi lutut kiri. Setelah pulih, Kaka tidak masuk dalam tim reguler. Kaka menyebut salah satu hal yang membuat dia melempem di Real Madrid adalah problem cedera tersebut.

“Masalah saya di Real Madrid adalah kontinuitas. Pertama, itu karena cedera. Tahun pertama saya memiliki masalah pinggul. Saya berjuang untuk mencapai Piala Dunia dan lalu saya memperoleh cedera tambahan,” kata Ricardo pada SportTV.

“Setelah Piala Dunia, saya menjalani operasi lutut dan saya tidak bisa bermain selama enam bulan. Dan ketika saya kembali, kami dilatih Jose Mourinho. Masalah saya di Madrid adalah kesinambungan,” terangnya.

Jarang Dimainkan Jose Mourinho
Kaka kemudian menambahkan bahwa masih ada faktor lain yang membuatnya gagal tampil maksimal di Real Madrid. Faktor itu adalah keputusan Mourinho untuk meminggirkannya dan memainkan pemain lain.

Pada saat itu Jose Mourinho memang lebih sering memainkan Mesut Ozil. Gelandang tim nasional Jerman tersebut memang terbukti mampu menjadi penyuplai umpan-umpan yang brilian untuk Cristiano Ronaldo.

“Pertama untuk masalah fisik dan kemudian untuk pilihan pelatih. Saya menghabiskan tiga tahun mencoba meyakinkan Jose Mourinho jika saya pantas masuk ke dalam tim, tapi rupanya saya gagal,” ucap Ricardo Kaka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *