Dihina Bernada Rasisme, Salah Dapat Pembelaan Masif

Ulah rasisme dalam dunia sepak bola lagi-lagi terjadi. Kali ini pemain Liverpool, Mohamed Salah, yang menjadi sasaran tindakan kurang terpuji tersebut yang datang dari sekelompok kecil supporter tim rival, Chelsea.

Beberapa waktu lalu, sebuah video yang memperlihatkan aksi rasis dari para oknum supporter Chelsea saat mendukung tim kesayangan mereka di Praha, Ceko. Dalam rekaman tersebut, mereka terdengar menyanyikan chants yang menyinggung agama Mohamed Salah.

Pada saat itu, Chelsea memang sedang bertandang ke Republik Ceko guna melakoni pertandingan putaran pertama perempat final Liga Europa kontra Slavia Praha, Jumat (12 April 2019). Pertandingan itu sendiri berakhir dengan kemenangan 1-0 Chelsea berkat aksi Marcos Alonso.

Dikecam Berbagai Pihak
Video berdurasi 19 detik itu, yang diduga direkam dan disiarkan oleh salah satu oknum supporter Chelsea tersebut, memperlihatkan sekelompok kecil yang menyebut Mohamed Salah sebagai pelaku terorisme. Tak ayal, kecaman pun langsung bermunculan.

Salah satunya datang dari kelompok anti-rasisme dunia, Kick it Out. Dalam cuitan di akun Twitter-nya, Kick it Out mengecam tindakan kurang terpuji dari supporter Chelsea tersebut dan siap membantu klub untuk menyelesaikan permasalahan itu.

“Kami tidak mau supporter seperti itu ada di lingkungan. Kami akan bekerja sama dengan @ChelseaFC untuk memastikan mereka yang terlibat ditemukan dan diganjar hukuman dengan cepat dan efektif,” tulis Kick it Out, seperti yang dikutip dari talkSPORT.

Rasisme Sedang Marak Terjadi
Kasus rasisme yang kembali muncul ini jelas disayangkan oleh banyak pihak. Pasalnya beberapa waktu lalu, kejadian serupa juga dialami oleh pemain muda Chelsea, Callum Hudson-Odoi serta pemain muda Juventus, Moise Kean.

Kasus Hudson-Odoi terjadi saat dia memperkuat Tim nasional Inggris melawan Montenegro dalam pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2020 akhir bulan Maret silam. Dalam pertandingan, para supporter Montenegro menirukan suara monyet untuk mengejeknya.

Sementara sorakan bernada rasisme dialami oleh Moise Kean, serta pemain lain seperti Blaise Matuidi juga Alex Sandro kala bertandang ke markas Cagliari. Hinaan kepada Kean semakin parah saat sang pemain melakukan selebrasi usai mencetak gol kedua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *