Biodata Lengkap Virgil Van Dijk

Virgil van Dijk ( lahir 8 Juli 1991) merupakan pemain sepak bola profesional Belanda yang bermain sebagai bek tengah untuk klub Premier League Inggris, Liverpool dan menjadi kapten tim nasional Belanda.

Dianggap sebagai salah satu pembela terbaik di dunia, van Dijk dikenal karena kekuatan, kepemimpinan, dan kemampuan aerialnya. Pada tahun 2019 ia menyabet gelar sebagai Pemain Terbaik Pria UEFA, dengan ia juga finis sebagai runner-up untuk Pemain Pria FIFA Terbaik.

Mengawali kariernya di Groningen, Van Dijk pindah ke Celtic pada 2013, di mana ia memenangkan Premiership Skotlandia dan dinobatkan sebagai PFA Scotland Team of the Year di kedua musimnya bersama klub, juga memenangkan Piala Liga Skotlandia di terakhir.

Pada September 2015, ia direkrut oleh klub Premier League Inggris, Southampton sebelum menandatangani kontrak dengan Liverpool pada Januari 2018 dengan nilai 75 juta poundsterling, biaya transfer rekor dunia untuk bek saat itu.

Van Dijk terlibat dalam mencapai Final Liga Champions UEFA 2018 selama musim semi pertamanya di Liverpool. Dalam musim penuh pertamanya di klub Van Dijk bernama Pemain PFA of the Year dan Pemain Liga Premier Musim untuk musim 2018-19. Van Dijk membintangi saat Liverpool memenangkan Final Liga Champions UEFA 2019 di mana ia dinobatkan sebagai man of the match.

Van Dijk melakukan debut internasionalnya untuk tim nasional Belanda pada tahun 2015 dan menjadi kapten negaranya pada tahun 2018. Pada tahun 2019, ia mencetak gol internasional pertamanya dalam kemenangan 3-0 atas juara Eropa Portugal dan tiga bulan kemudian ia menjadi kapten mereka pada pelantikan 2019 Final Liga Bangsa-Bangsa UEFA di mana mereka kalah dari Portugal.

Nama Lengkap:Virgil van Dijk
Tempat Lahir:Breda, Belanda
Tanggal Lahir:08 Juli 1991 (28 Tahun)
Kebangsaan:Belanda
Klub:Liverpool
Posisi:Bek
No Punggung:4
Tinggi:193 cm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *